Hari-hari Ido

Friday, September 07, 2007

Pindahan dari Wordpress 2-9-2006

Ido dan perilakunya ..

Ditulis oleh hariwibawanto di/pada September 2nd, 2006

Mumpung masih segar dalam ingatan, ada baiknya aku menuliskan apa-apa yang Ido bisa dan Ido lakukan. Hanya untuk membandingkan dia dengan anak ‘normal’.

Hari, sini … ada sesuatu (diucapkan dengan sangat cedal)

Tadi malam, ketika aku dan mamanya Ido nonton TV di kamar, tiba-tiba Ido yang sedang nonton TV di ruang keluarga memanggil-manggil: Hari, tolong ..!, “Ada apa?” tanyaku. “Hari ke sini, ada sesuatu ..!” Ido menjawab (dengan sangat cedal bin tidak jelas, tapi aku tahu persis apa yang dikatakan). Maka kami berdua-pun ramai-ramai ke ruang keluarga. “Ido meminta maaf” kata Ido sambil menunjuk sofa (kulit imitasi) yang telah sobek. Kecil sih, tapi jelas kelihatan karena warna kover sofa yang gelap dan busanya yang putih. Rupanya lubang bekas tusukan pensil (oleh tangan iseng Ido) telah melebar dan kover sofa pun berlubang. Marahkah kami? Alhamdulillah tidak, karena ada yang membuat kami terhibur:

1. Ido melaporkan apa yang dilakukan (menyobek sofa) dengan kalimat yang tersusun baik.

2. Ada rasa bersalah terlihat di matanya.

3, Dia sudah meminta maaf (sesuatu yang selalu dilakukannya setiap kali merasa berbuat salah atau berbuat sesuatu yang tidak berkenan di hati aku maupun mamanya.

Yang masih belum berkurang adalah intonasi kalimatnya tetap datar (mungkin sama dengan Temple Grandin, dalam salah satu artikel tentang dirinya sendiri).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home