Hari-hari Ido

Friday, September 07, 2007

Simutrans



Ditulis oleh hariwibawanto di/pada Mei 3rd, 2007

Terus terang saya belum mengeksplore software game ini. Ido menemukannya dalam salah satu CD bawaan majalah (PC Media atau Chip, saya lupa) dan kemudian menginstall-nya sendiri. Lalu main-mainlah ia dengan software itu. Rupanya itu software buat mainan merancang kota (?) lengkap dengan jalan dan bangunan-bangunannya. Berkali-kali Ido mereinstall tiap mau main (jadi kayaknya itu memang software trial) dan yang dilakukan nyaris sama yakni membuat banyak sekali jalan, halte bis, dsb. Rupanya ia senang melihat mobil-mobil berseliweran yang secara acak (?) muncul di setiap jalan yang dibangunnya. Saya membiarkannya saja sambil berharap dalam hati semoga ada something to learned dari mainan itu. Lagian, beberapa ini ia lebih sering mengisi buku-buku PR/Latihan/Persiapan Ujian maupun soal-soal UAN SD (!). Jangan salah, ia rajin ‘mengisi jawaban’ dengan melihat kuncinya! Marahkah saya? Ya enggaklah, soalnya setiap saya sempat membuatkan soal sendiri dia toh mengerjakannya dengan baik. kalau tidak tahu caranya dia minta dibantu. Jadi, biarlah ia belajar dengan caranya. Membuat dia tertekan dengan selalu belajar hal-hal yang tidak menarik perhatiannya sama saja dengan menyiksanya.

Apa yang dia suka? Nggak tentu. Kalau sedang melihat TV dan ada pertandingan bola di suatu kota, di Eropa misalnya, maka buru-buru ia membuka peta dan mencari letak kota tersebut. Atau ketika ada istilah dalam bahasa Inggris yang ia tidak tahu artinya, maka ia buru-buru mencari sayadan bertanya dengan kalimat dan nada aneh: “bahasa indonesianya adalah …?. Jadi rasaya saya seperti siswa yang ‘fill-in the blank with the correct answer”. Normalnya orang tentu bertanya “Pa, bahasa Indonesianya … itu apa?” Tapi itulah Ido, entah dari mana ia belajar bertanya dengan cara seperti itu?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home